4 Elemen Dasar Dalam Teknik Industri


Industri mempunyai empat komponen dasar yakni:
  1. Apa yang dihasilkan? produk (product).
  2. Siapa yang menghasilkan? manusia (human).
  3. Dimana menghasilkannya? di lini produksi (line).
  4. Bagaimana menghasilkannya? dengan pelaksanaan atau operasi (operation).
Oleh karena itu, pada dasarnya, ilmu teknik industri juga dapat diklasifikasikan ke dalam empat bidang utama, yaitu riset operasi, teknik produksi, proses dan sistem manufaktur, dan ergonomi. 

Riset operasi merupakan bidang yang berorientasi pada operasi di industri (operation centered), teknik produksi merupakan bidang yang berorientasi pada lini produksi (line centered), proses dan sistem manufaktur merupakan bidang yang berorientasi pada produk (product centered), dan ergonomi merupakan bidang yang berorientasi pada manusia (human centered). Keempat bidang tersebut tidak hanya berdiri sendiri-sendiri tetapi juga saling melengkapi dan diterapkan bersama, misalnya untuk manajemen inventori yang masuk dalam kategori produksi bisa menggunakan metode-metode riset operasi.

Riset Operasi

 
Riset operasi adalah suatu metode pengambilan keputusan yagn dikembangkan dari studi operasional militer selama Perang Dunia II. Keberhasilan-keberhasilan penelitian dari kelompok-kelompok studi militer ini telah menarik kalangan industriawan untuk membantu memberikan berbagai solusi terhadap masalah-masalah manajerial yang rumit.

Secara lengkap, riset operasi adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengelolaan dari suatu sistem besar manusia, mesin, bahan dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan, dan pertahanan. Pendekatan khusus ini bertujuan membentuk suatu model ilmiah dari sistem, menggabungkan ukuran-ukuran, faktor-faktor seperti kesempatan dan resiko, untuk meramalkan dan membandingkan hasil-hasil dari beberapa keputusan,s trategi atau pengawasan. Tujuannya adalah membantu pengambilan keputusan menentukan kebijakan dan tindakannya secara ilmiah (Operational Research Society of Great Britain).

Dewasa ini riset operasi telah medapat pengakuan sebagai mata ajaran yang penting di tingkat perguruan tinggi, sesuai perkembangan kurikulum pendidikan tinggi maka teknik-teknik pendekatan dalam mengidentifikasi masalah dan mengambil keputusan menjadi suatu kebutuhan penting bagi peserta didik. Materi riset operasi mencakup berbagai bidang pengetahuan seperti ekonomi, manajemen produksi, manejemen operasi, transportasi, dan lain-lain.

Ilmu yang termasuk dalam bidang riset operasi meliputi:
  • Analisis atau teori keputusan.
  • Simulasi.
  • Optimalisasi.
  • Proses stokastik. 
  • Kecerdasan buatan dalam di industri. 
  • Forecasting. 
  • Data mining.
  • Dsb.
Teknik industri tak akan pernah lepas dengan riset yang tentunya berkelanjutan, itu dikarenakan fungsi industri itu sendiri yang memang sebagai inovator dan hulu dari produk konsumsi masyarakat. Dengan kata lain, industri sangat bertanggung jawab secara linear dengan masyarakat luas, terhadap, kualitas dan inovasi produk.

Sederhana bukan? sekian artikel dari kami. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mendalami ilmu industri.


Foto sumber : Google sourch
Print PDF
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar