Pengertian Mutu Dalam Teknik Industri



Industripedia - Mutu di dalam sebuah industri dan organisasi sudah menjadi harga mati dan tak jarang menjadi sebuah permasalah yang sangat kompleks. Makadari itu perhatian terhadap manajemen ini menjadi salah satu yang paling besar yang di tugaskan serta di keluarkan oleh sang pemilik perusahaan kepada para karyawannya.

Banyaknya tentang definisi dan pengertian kualitas akan sedikit membuat kita kebingungan untuk mencari mana yang paling benar, mulai dari sumber para ilmuan dan praktisi industri terkait.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari definisi ataupun pengertian dari kualitas. Dibawah ini saya memiliki rangkuman yang cukup singkat dan tentunya bisa/mudah dipahami (sumber terpercaya).

Mutu adalah memuaskan kebutuhan dan harapan dari pelanggan untuk beberapa karakteristik mutu yang pelanggan inginkan pada produk ataupun pelayanannya.

Pengertian Mutu ( Kualitas )

Mutu (kualitas) dalam kerangka ISO 9000 didefinisikan sebagai “ciri dan karakter menyeluruh dari suatu produk atau jasa yang mempengaruhi kemampuan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan tertentu”. 
Hal ini berarti bahwa kita harusdapat mengidentifikasikan ciri dan karkter produk yang berhubungan dengan mutu dan kemudian membuat suatu dasar tolok ukur dan cara pengendaliannya.

Definisi ini jelas menekankan pada kepuasan pelanggan atau pemakai produk. Dalam suatu proyek gedung, pelanggan dapat berarti pemberi tugas, penyewa gedung atau masyarakat pemakai. 

Misalnya dari segi disain, kepuasan dapat diukur dari segi estetika, pemenuhan fungsi, keawetan bahan, keamanan, dan ketepatan waktu. Sedangkan dari segi pelaksanaan, ukurannya adalah pada kerapihan penyelesaian, integritas (sesuai gambar dan spesifikasi) pelaksanaan, tepatnya waktu penyerahan dan biaya, serta bebas cacat.

Terakhir saya akan jelaskan pengertian berdasarkan implementasinya :

“Mutu tidak baik , bila pelanggan merasa tidak puas pada karakteristik mutu yang disebut diatas.

“Mutu yang baik, bila pelanggan merasa puas sesuai yang mereka harapkan atas karakteristik mutu yang disebut diatas.


Sekian artikel yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. Sekiranya kurang, anda bisa mengunjungi kategori lainnya untuk tambah-tambah referensi.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Ardy-Web.blogspot.com


Print PDF
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar